Gebyar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Al-Mizan

Posted on 5th Nov 2021 at 23:17  by  Ghiyats


12 Rabi'ul Awwal menjadi momen penting bagi umat Islam, dimana hari itu, Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Seyogyanya kita sebagai umat Islam memperingatinya sebagai bentuk kesyukuran dan pengingat untuk terus memperbaiki diri sebagai umat nabi Muhamad SAW. 

Dibawah bimbingan Lembaga Pengembangan Tahfidz dan Qira'atil Qur'an (LPTQ) Al-Mizan, peringatan maulid tahun ini mengangkat tema: "Risalah Cinta Baginda Nabi Muhammad SAW untuk Umatnya", para santri pun tidak ketinggalan untuk ikut menciptakan atmosfer gebyar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, baik di Al-Mizan 1 Putra, Al-Mizan 2 Putri, dan Al-Mizan 3 Tahfidz. Pelaksanaannya disesuaikan di setiap kampus sebagai berikut: 

  • Pondok Pesantren Modern Al-Mizan 1 Putra Rangkasbitung, pada 20 Oktober 2021.Taushiyah disampaikan oleh ananda Riski Saeful Umam, santriwan kelas 6 TMI. 
  • Pondok Pesantren Modern Al-Mizan 2 Putri Pandeglang, pada 23 Oktober 2021. Taushiyah disampaikan dalam bahasa Arab, Inggris dan Indonesia oleh ananda Dania Mahpudin dan Diviani Mardiyanti, santriwati kelas 6 TMI.
  • Pondok Pesantren Modern Al-Mizan 3 Tahfidz Pandeglang, pada 24 Oktober 2021. Taushiyah disampaikan oleh Bapak Direktur TMI, al-Ustadz Ahmad Ghiyats Fawwaz, M.A.

Dalam sambutannya, Bapak Pimpinan PPMA, Drs. KH. Anang Azharie Alie, M.Pd.I., menegaskan bahwa Maulid Nabi penting untuk diperingati, untuk memahami kembali tujuan utama Nabi Muhammad SAW dilahirkan dan diturunkan ke Bumi, sebagai Rahmatan lil 'alamin, rahmat bagi seluruh alam, bagi kita umat manusia, dengan keluhuran akhlaq  dan budi pekerti, menjadi contoh manusia terbaik dan sempurna bagi kita semua. Di ketiga kampus Al-Mizan, acara peringatan begitu megah dengan display lautan santri yang memenuhi aula pertemuan. Suasana maulid nabi begitu syahdu terasa, lantunan syair Barzanji, mahallul qiyam dan lantunan senandung shalawat terus menggema sepanjang malam acara peringatan maulid, diiringi oleh dentuman pukulan hadroh dan indahnya suara munsyid, menjadikan momen maulid tahun ini begitu terasa berbeda di Al-Mizan. Bahkan di kampus puteri, ada penampilan special dengan adanya screen besar yang menampilkan video clip santri putri yang menyenandungkan shalawat dengan indah. 

Para penceramah di masing-masing kampus pun dengan penuh semangat menyampaikan hikmah dan kisah indah dibalik kelahiran Nabi Muhammad SAW, sebagai pelajaran dan pengingat bagi seluruh keluarga besar Al-Mizan, bahwa perjuangan menegakkan kalimat Allah lewat pendidikan adalah warisan penting dari Sang Nabi. Sebagai penutup, do'a-do'a dipanjatkan, memohon keberkahan dari Allah untuk Al-Mizan dan syafa'at dari Rasulullah di hari akhir kelak.