Semarak Upacara Akbar Hari Santri Nasional 2021

Posted on 9th Nov 2021 at 00:04  by  Ghiyats


Pada hari Jum'at (22/10/2021) bertepatan dengan Hari Santri Nasional, atas arahan bapak pimpinan, tidak kurang dari 800 santri Al-Mizan berkumpul di Al-Mizan Stadium untuk melaksanakan Upacara Akbar Hari Santri Nasional 2021. Disebut 'akbar', karena peserta upacara tidak hanya dari 1 kampus saja, tapi juga 500 santri putri diangkut menuju kampus 1 putra untuk ikut pelaksanaan upacara tersebut hanya dalam satu malam. Di sisi lain, para santri di kampus 3 Tahfidz juga ikut menghadiri upacara Hari Santri Nasional 2021 secara daring. 

Persiapan upacara ini relatif singkat, tapi tidak mengurangi kekhidmatan dan kelancaran acara. Para santri berbaris rapi ditengah lapangan, dipimpin oleh pemimpin upacara, ananda M. Risqy Saeful Imam, santri akhir asal Serang. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bapak Pimpinan Pondok, Drs. KH. Anang Azharie Alie, M.Pd.I. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Al-Mizan putra dengan gagah dan serempak memasuki lapangan upacara untuk mengibarkan duplikat Sang Saka Merah Putih, diiringi oleh medley Indonesia Raya yang dibawakan oleh Marching Band Corps Syi'ar Putri Al-Mizan. Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa para ulama dan santri terdahulu yang telah berjuang ikut mengangkat senjata dengan semangat jihad untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Dalam upacara, bapak pimpinan menyampaikan amanat tentang pentingnya memahami kembali sejarah, bagaimana para santri dan ulama terdahulu membela bangsa dan negara, sehingga KH. Hasyim Asy'ari dalam muktamar Nadhatul Ulama mencetuskan "Resolusi Jihad" untuk membakar semangat para pejuang melawan penjajah. Sehingga tidak salah bila menempatkan santri, ulama dan pesantren sebagai ujung tombak yang memiliki andil besar dalam kemerdekaan republik ini. Beliaupun memberikan tugas untuk membaca teks Pancasila kepada Ust. Fajrul Aziz Nawawi, S.Pd.I, Wakil Pengasuh Al-Mizan 1 Putra, yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya, pembacaan teks pembukaan UUD 1945 oleh Ust. Ahmad Ghiyats Fawwaz, M.A., Direktur TMI. Lalu Ust. M. Badruddawam Syihab, M.Pd., membacakan teks resolusi jihad.

Hari Santri Nasional 2021 bertemakan "Santri Siaga Jiwa Raga" dan "Bertumbuh, Berdaya, Berkarya" membawa semangat para santri untuk selalu siaga jiwa dan raga dalam masa pandemi ini. Juga mendorong santri untuk terus bertumbuh, berdaya dan berkarya meski dalam kondisi yang penuh keterbatasan.

Setelah upacara, Hari Santri Nasional tahun ini di Al-Mizan juga diramaikan dengan pembacaan puisi "Santri" berbahasa Arab oleh Ahmad Ghallab Fatawa, kelas 4A asal Rangkasbitung, rancaknya penampilan tim hadroh Al-Mizan putra yang menampilkan 3 lagu, dan ditutup dengan gegap gempita penampilan Marching Band Corps Syi'ar Putri Al-Mizan. Di akhir acara, seluruh santri berkumpul di depan tribun Al-Mizan Stadium untuk berfoto bersama, dan membuat video dengan meneriakkan tema Hari Santri Nasional 2021 dengan penuh semangat dan kebanggaan menjadi santri.